Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Tips Aman untuk Ibu Hamil Naik Pesawat

TetapFit.com – Banyak Ibu hamil yang masih ragu untuk naik pesawat, apakah Ibu hamil aman untuk naik pesawat? Sebenarnya ibu hamil naik pesawat aman jika Ibu hamil mengetahui bagaimana kondisi fisik dan psikis dari dirinya. Untuk menjaga Ibu hamil tetap aman ketika sedang bepergian dengan pesawat, ada beberapa tips yang dapat Ibu hamil gunakan agar perjalanan dengan pesawatnya menjadi aman dan juga lancar. Berikut 6 tips untuk ibu hamil yang akan mengendarai pesawat.

ibu hamil naik pesawat

Tahu kapan usia kandungan yang aman untuk naik pesawat

Ibu hamil naik pesawat memang tidak apa-apa jika memang usia kandungannya masih mencukupi untuk bepergian dengan menggunakan pesawat. Pihak maskapai penerbangan biasanya akan menanyakan usia kandungan Ibu hamil. Usia maksimal kandungan Ibu hamil agar bisa naik pesawat adalah 8 bulan atau 32 minggu sampai 34 minggu. Jika usia kandungan diatas 32 minggu atau 8 bulan, ibu hamil disarankan untuk tidak bepergian dengan menggunakan pesawat. Jika keadaan memang memaksa Ibu hamil akan diminta untuk membawa surat keterangan dokter dan juga menandatangani resiko yang mungkin akan terjadi dan juga konsekuensinya.

Gunakan baju yang nyaman

Untuk bepergian dengan menggunakan pesawat, sebaiknya ibu menggunakan pakaian yang memang benar-benar nyaman untuk dikenakan. Hindari untuk menggunakan pakaian yang terlalu ketat. Kalau bisa gunakan pakaian yang longgar agar merasa lebih nyaman. Pakaian atau baju ini akan sangat mempengaruhi kenyamanan ibu hamil saat sedang melakukan bepergian dengan menggunakan pesawat.

Konsultasi dengan dokter sebelum berangkat

Sebelum ibu hamil naik pesawat, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan, apakah kondisi fisik dan psikis Ibu memungkinkan untuk naik pesawat. Dengan berkonsultasi dengan dokter Ibu akan lebih mantap dan juga bisa mendapatkan rekomendasi apakah Ibu boleh naik pesawat atau tidak.

Pilih tempat duduk atau seat yang nyaman

Tempat duduk memang salah satu faktor penunjang ketika sedang naik pesawat. Ibu hamil naik pesawat harus memilih tempat duduk yang memang benar-benar nyaman. Pilih tempat duduk yang disebelah koridor, dengan begitu ibu bisa meregangkan otot sejenak tanpa mengganggu penumpang lainnya. Meregangkan otot dapat dilakukan dengan menjulurkan kaki kedepan atau berdiri sekedar jalan-jalan di koridor. Jika perjalanan sangat jauh sebaiknya lakukan peregangan sesering mungkin agar otot tidak tegang dan membuat nyaman ibu.

Hindari untuk pergi sendiri

Ketika ibu hamil akan bepergian dengan menggunakan pesawat sebaiknya hindari untuk pergi sendirian. Ajaklah kerabat terdekat atau pergi dengan suami. Dengan begitu ibu hamil naik pesawat akan merasa aman karena ada yang menjaga. Pastikan juga jika pergi dalam kondisi fit. Ibu hamil yang bepergian sendiri dengan menggunakan pesawat apalagi jika usia kandungan sudah 8 bulan keatas sangat beresiko karena ditakutkan terjadi hal yang tidak diinginkan.

Bawa cukup multivitamin

Tips yang terakhir untuk ibu hamil yang akan naik pesawat adalah bawa cukup multivitamin. Multivitamin ini sangat bermanfaat untuk membantu menjaga daya tahan tubuh Ibu ketika sedang bepergian. Multivitamin yang dibawa harus memang yang benar-benar multivitamin yang dapat membantu daya tahan tubuh Ibu hamil. Multivitamin ini bisa Anda minta kepada dokter kandungan sebelum melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat.

Ibu hamil naik pesawat dapat dipastikan aman jika ibu mengetahui kondisi fisik ibu sendiri. Hindari untuk bepergian dengan pesawat ketika ibu sedang dalam kondisi yang kurang fit, hal ini akan membuat keadaan fisik ibu semakin lemah dan dapat beresiko terhadap kehamilan dan juga terhadap kondisi fisik Ibu hamil. Jangan lupa jika bepergian dengan pesawat hindari untuk bepergian sendiri.

Loading Facebook Comments ...