Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Tenggorokan Sakit Saat Menelan? Waspadai Penyakit Ini

TetapFit.com Tenggorokan sakit saat menelan adalah keluhan yang umum dirasakan. Ada banyak sekali kemungkinan penyakit yang memiliki ciri tenggorokan sakit pada saat menelan. Penyakit yang memiliki ciri tersebut umumnya tidak terlalu berbahaya. Tetapi harus melakukan tindakan yang cepat agar penyakit tidak menjadi parah. Jika penyakit sudah parah akan membuat penyakit tersebut sulit untuk disembuhkan. Pada penjelasan dibawah ini akan dijelaskan beberapa penyakit yang memiliki ciri tenggorokan sakit pada saat menelan.

Tenggorokan Sakit Saat Menelan

Radang Tenggorokan

Tenggorokan sakit saat menelan bisa diakibatkan karena radang tenggorokan. Penyakit yang satu ini muncul karena adanya serangan virus yang bernama Mycoplasma, betahemolitik streptokokkus A dan Chlamydia. Pada awal serangan rasa sakit yang ditimbulkan tidak terlalu parah. Tetapi jika penyakit kronis rasa sakit yang muncul akan membuat seseorang menjadi tidak nyaman. Akan lebih baik jika tindakan cepat segera dilakukan karena jika tidak akan membuat penyakit ini semakin parah.

Selain karena virus radang tenggorokan juga bisa dipicu karena adanya iritasi. Iritasi yang muncul bisa terjadi karena sering menghirup bahan kimia. Bahan kimia yang terhisap langsung ke tenggorokan akan memicu iritasi. Umumnya penderita radang tenggorokan adalah orang yang menempati daerah berdebu, lingkungan yang terlalu kering, sering berteriak, dan suka mengkonsumsi makanan yang bisa memicu iritasi. Makanan yang bisa memicu iritasi adalah makanan yang banyak mengandung penyedap buatan. Merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol jug bisa memicu radang tenggorokan. Gejala umum yang sering dirasakan penyakit ini adalah Tenggorokan sakit saat menelan.

Ada ciri lain penyakit radang tenggorokan selain Tenggorokan sakit saat menelan. Salah satu ciri lain tersebut adalah mulut berbau kurang sedap. Banyak penderita radang tenggorokan yang merasa mulutnya memiliki bau yang tidak sedap. Selain itu, ciri lain yang banyak dirasakan adalah demam. Demam memang akan terjadi pada saat masa awal peradangan pada tenggorokan. Banyak orang yang terkecoh dengan menganggap demam tersebut adalah jenis demam biasa.

Penyakit Amandel

Tenggorokan sakit saat menelan juga bisa diakibatkan oleh amandel. Setiap orang memiliki amandel dan jika amandel dalam keadaan normal tidak akan ada rasa sakit yang muncul. Tetapi jika amandel tersebut mengalami pembengkakan akan membuat rasa yang muncul sangat sakit dan membuat Anda menjadi tidak nyaman. Ada banyak sekali penyebab utama amandel membengkak. Salah satu sebab yang sering terjadi adalah karena mengkonsumsi makanan yang tidak sehat dan memicu iritasi. Jika amandel seseorang sedang membengkak lebih baik orang tersebut memilih makanan yang lunak dan tidak mengandung banyak minyak. Makanan yang banyak mengandung minyak akan membuat amandel tersebut sulit normal kembali.

Ciri lain yang umum dirasakan oleh penderita penyakit amandel adalah mulut cepat menjadi kering. Untuk memastikan jika seseorang terkena amandel maka Anda dapat melihat bagian dalam tenggorokan. Jika amandel terlihat berwarna merah dan memiliki ukuran lebih besar dapat dipastikan jika Tenggorokan sakit saat menelan tersebut diakibatkan oleh amandel. Kedua jenis penyakit yang sudah disebutkan memang memiliki ciri sakit pada saat menelan. Umumnya jenis penyakit ini akan sembuh dalam waktu yang cepat jika mendapatkan penanganan yang intensif. Pastikan pula Anda mengkonsumsi makanan yang sehat karena dengan mengkonsumsi makanan yang sehat akan membuat Anda semakin sehat dan nyaman. Dengan memiliki tenggorokan yang normal akan membuat Anda semakin nyaman untuk mengkonsumsi makanan yang Anda sukai. Semoga bermanfaat.

Loading Facebook Comments ...