Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Tanda-tanda Kehamilan Sebelum Haid dari Masa Subur

TetapFit.com – Tanda-tanda kehamilan sebelum haid cukup sulit diketahui terutama bagi pasangan yang baru menikah. Anda pasti sangat cemas menunggu masa-masa kehamilan, bukan? Setiap orang yang mencari referensi gejala kehamilan, tentunya harap-harap cemas menunggu masa itu tiba. Hal ini wajar, menunggu masa kehamilan tiba membuat setiap pasangan ataupun kaum wanita sangat penasaran dan tak sabar ingin membawa kabar bahagia untuk suami maupun keluarganya.

tanda tanda kehamilan sebelum haid

 

Untuk wanita yang belum memiliki pengalaman hamil sebelumnya, tentunya sulit untuk mengetahui tanda-tanda kehamilan sebelum haid. Kebanyakan wanita hanya mengetahui kehamilan setelah telat haid beberapa bulan. Oleh karena itulah, sangat penting sekali untuk mendapatkan berbagai informasi mengenai gejala-gejala kehamilan. Biasanya masa pembuahan sendiri terjadi ketika 2 minggu sebelum haid berikutnya, jadi usia kehamilan dapat dihitung sebanyak 3 minggu saat Anda pertama kali mengalami telat menstruasi.

Mengetahui Tanda Kehamilan Sebelum Haid Dari Perhitungan Masa Subur

Sebagai informasi, bagi Anda yang ingin memastikan apakah Anda sedang hamil atau tidak, Anda bisa mengetahui cara perhitungan masa subur. Perhitungan masa subur inilah yang dapat membantu Anda untuk mengenal tanda-tanda kehamilan sebelum haid. Semua wanita tentu akan mendapatkan siklus bulanan atau menstruasi. Tidak sedikit wanita mengerti bagaimana cara menghitung masa subur mereka. Nah, sebelum ke tahap perhitungan masa subur sebaiknya Anda mengenal dulu fase-fase yang terjadi ketika masa subur belum berlangsung, seperti berikut ini:

  1. Pra ovulasi atau masa sebelum pembuahan. Nah, masa pra ovulasi ini didefinisikan sebagai masa pematangan atau pembentukan sel telur melalui peningkatan kadar di dalam tubuh. Pada fase ini biasanya terjadi di hari ke 7 hingga hari ke 13.
  2. Ovulasi atau pembuahan. Pada fase ovulasi ini ovarium akan mengeluarkan sel telur matang, dan biasanya fase ini disebut juga dengan masa subur. Jika siklusnya teratur, masa subur ini berlangsung 14 hari sebelum menstruasi.

Setelah mengetahui beberapa fase di atas, untuk mengenali tanda-tanda kehamilan sebelum haid. Sekarang waktunya, untuk melakukan perhitungan masa subur Anda seperti berikut ini:

  1. Mengukur suhu basal tubuh. Suhu basal tubuh manusia normal biasanya berada di rentang suhu 35-38 oC. Nah, pada saat terjadi ovulasi atau pembuahan inilah terjadi peningkatan suhu tubuh hingga 38 oC. Hal ini dikarenakan tubuh memproduksi hormon progesterone yang berperan untuk menyiapkan jaringan sel telur yang sudah dibuahi di dalam rahim.
  2. Sistem kalender. Untuk sistem kalender ini, disarankan bagi Anda yang mengalami siklus haid yang teratur, dimana Anda harus mencatat daftar waktu menstruasi Anda yaitu selama 32 hari. Seperti berikut ini :
  • Pada hari 1-5, memulai siklus menstruasi
  • Pada hari ke 6-1, tidak terjadi menstruasi atau bukan masa subur
  • Pada hari ke 12-18, masa subur
  • Pada hari ke 19-32, pada saat inilah kemungkinan hamil akan kecil sekali jika Anda dan pasangan melakukan hubungan seks.

Nah, itulah beberapa cara menghitung masa subur untuk merencanakan kehamilan sekaligus juga untuk mengetahui tanda-tanda kehamilan. Sebenarnya, tanda-tanda kehamilan sebelum haid sendiri tidak begitu diketahui secara pasti. Namun, beberapa gejala umumnya bisa dikenal melalui perubahan fisik dan psikis. Biasanya, wanita yang baru hamil akan mengalami pembengkakan pada payudara, peningkatan suhu basal tubuh, dan perubahan psikis yang cenderung lebih mudah lelah, cepat marah, dan sensitif.

Semoga melalaui pembahasan tanda-tanda kehamilan sebelum haid dari masa subur di atas dapat bermanfaat bagi Anda semua!

Loading Facebook Comments ...