Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Kenali Penyebab dan Ciri-ciri Penyakit Kolesterol Sejak Dini

TetapFit.com – Ciri-ciri penyakit kolesterol dapat kita ketahui sejak dini untuk mencegah penyakit kolesterol tersebut semakin membahayakan diri kita. Tapi sebelumnya, tahukah Anda apa itu kolesterol? Kolesterol merupakan segumpalan lemak yang diproduksi oleh hati. Dalam kondisi normal, kolesterol sendiri terdapat di beberapa selaput atau dinding sel di dalam tubuh, seperti otot, saraf, otak, hati, kulit, jantung, hingga usus. Kolesterol sendiri berfungsi untuk memelihara dan membangun sel membran, berperan untuk memproduksi hormon seks, dan juga membantu produksi empedu.

ciri ciri penyakit kolesterol

Jika berbicara mengenai kolesterol, mungkin kita membayangkannya sebagai sejenis penyakit yang berbahaya. Sebenarnya, kolesterol sendiri bukanlah sebuah penyakit melainkan jika diproduksi oleh tubuh dalam jumlah yang tinggi bisa menyebabkan berbagai macam penyakit. Contohnya, beberapa penyakit kardiovaskuler seperti jantung, stroke dan lain sebagainya. Jadi, pemicu utama timbulnya berbagai macam penyakit kronis adalah kadar kolesterol tinggi. Saat ini, banyak sekali orang yang meninggal akibat tingginya kadar kolesterol dalam darah. Pemicu utama yang paling berperan dalam meningkatnya kadar kolesterol ini adalah pola hidup. Ciri-ciri penyakit kolesterol sendiri bisa kita ketahui melalui pola hidup dan dampak fisik yang terjadi pada seseorang.

Penyebab Penyakit Kolesterol

Sebelum kita mengetahui ciri-ciri penyakit kolesterol, sebenarnya apa sajakah yang menjadi penyebab timbulnya penyakit akibat tingginya kolesterol dalam darah?

Faktor Pola Makan

Pola makan merupakan faktor utama yang menyebabkan tingginya kadar kolesterol dalam darah seseorang. Makanan yang mengandung lemak jenuh, dapat memicu peningkatan kadar kolesterol ini. Adapun makanan lemak jenuh yang menimbulkan penyakit kolesterol adalah telur, keju, daging unggas, jeroan, kue manis, gorengan dan lain sebagainya.

Faktor Berat Badan

Hati-hati dengan berat badan Anda! Salah satu faktor yang menyebabkan kadar kolesterol meningkat adalah obesitas atau kelebihan berat badan. Kelebihan berat badan seseorang akan meningkatkan kandungan trigliserida dan menurunnya kadar HDL (kadar kolesterol baik dalam darah). Hal inilah yang memicu meningkatnya kolesterol dalam darah.

Kurangnya beraktivitas

Jangan biarkan diri Anda berdiam diri di rumah! Ada baiknya Anda melakukan kegiatan atau aktivitas fisik yang menyehatkan badan untuk mencegah meningkatnya kolesterol dalam darah. Terlalu banyak diam membuat fungsi kerja organ tubuh seseorang menjadi kurang optimal. Lakukan olahraga setiap hari, minimal 20-30 menit saja. Selain membakar lemak dalam tubuh, berolahraga juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Faktor Usia dan Jenis Kelamin

Faktor usia dan jenis kelamin juga mempengaruhi seseorang terserang penyakit kronis yang disebabkan oleh meningkatnya kolesterol dalam darah. Memang saat ini ciri-ciri penyakit kolesterol tak hanya menyerang orang yang sudah berusia tua, karena faktor makanan tidak sehat yang sudah dijelaskan di atas. Namun, umumnya kolesterol tinggi dapat menyerang pria yang sudah memasuki usia 40 tahun ke atas, sedangkan untuk wanita biasanya terserang saat ia memasuki masa menopause.

Itulah beberapa penyebab yang mengakibatkan kadar kolesterol dalam darah menjadi meningkat. Selanjutnya, akan dibahas mengenai ciri-ciri dari penyakit kolesterol di bawah ini.

Ciri-ciri Penyakit Kolesterol

Setelah pembahasan mengenai penyebab meningkatnya kadar kolesterol dalam darah, berikut ini ciri-ciri penyakit kolesterol sebagai berikut:

  1. Sering sakit kepala. Biasanya meningkatnya kadar kolesterol dalam darah ditandai dengan gejala sakit kepala dengan intensitas waktu yang sering. Hal ini diakibatkan oleh meningkatnya kadar kolesterol menjadi arteriosklerosis atau mengerasnya pembuluh darah. Sehingga, hal ini mengakibatkan terhambatnya aliran darah menuju otak.
  2. Rasa berat di daerah tengkuk dan pegal-pegal di pundak. Keluhan ini terjadi dikarenakan kurangnya suplai oksigen dan darah akibat menumpuknya plak pada pembuluh darah sehingga menjadi terhambat.
  3. Mudah lelah. Tingginya kadar kolesterol dalam darah mengakibatkan seseorang kekurangan vitalitas tubuhnya yang mengakibatkan dirinya mudah lelah dan tidak bersemangat. Biasanya meskipun sudah tidur, tetapi badan masih saja terasa capek.
  4. Kesemutan. Keluhan yang terakhir ini terjadi karena tidak lancarnya aliran darah karena terjadinya penggumpalan.

Nah, jika Anda berusia 30 tahun ke atas, dan Anda mengalami gejala-gejala yang telah disebutkan di atas, sebaiknya segera periksakan diri Anda pada dokter. Dengan memeriksakan diri, Anda lebih dini berdasarkan ciri-ciri penyakit kolesterol di atas, dapat mencegah diri Anda dari penyakit kronis lainnya yang membahayakan tubuh.

Loading Facebook Comments ...