Penyakit Ginjal dan Pengobatannya Secara Alami

TetapFit.com – Ginjal berfungsi sebagai organ tubuh yang membuang sampah sisa-sisa metabolisme dalam tubuh. Oleh karena itu, ginjal berperan besar dalam sistem pencernaan tubuh kita. Pasalnya, jika tidak bekerja dengan baik, maka sampah-sampah tersebut dapat menumpuk dan menjadi racun di dalam tubuh kita. Pentingnya ginjal ini menjadi riskan ketika muncul gangguan pada ginjal. Penyakit ginjal dan pengobatannya tidak dapat dilakukan dengan sembarangan, karena gagal ginjal merupakan penyakit yang sangat serius. Kondisi penyakit gagal ginjal pun terbagi menjadi dua, yaitu gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronis.

penyakit ginjal dan pengobatannya

Kerusakan pada ginjal sendiri dipengaruhi oleh berbagai faktor dan penyebab. Diantaranya, infeksi, peradangan, hipertensi, diabetes, rokok, hingga alkohol. Sangat penting untuk menjaga kesehatan dan gaya hidup kita jika tidak ingin terkena gangguan ginjal. Terlebih, penyakit ginjal dan pengobatannya sendiri masih tergolong sangat mahal, dan salah-salah, ginjal yang rusak harus diangkat maupun diganti dengan ginjal yang baru. Jelas, biayanya sangatlah mahal. Untuk itu, menjaga ginjal sejak dini merupakan pilihan yang bijak demi kesehatan kita.

Bagaimana jika gangguan pada ginjal sudah terjadi? Jelas, kita harus berusaha segenap tenaga untuk menyembuhkannya. Gangguan ini ditunjukkan dengan kemunculan gejala-gejala penyakit ginjal. Antara lain, rasa nyeri atau ngilu pada bagian-bagian tubuh, demam, mual, hingga muntah, serta sakit pada saat buang air kecil. Tak hanya itu, gangguan pada ginjal pun ditandai dengan warna air seni yang sangat pekat, bahkan tak jarang terdapat darah di dalamnya.

Untuk mengatasi penyakit ginjal dan pengobatannya, tentunya kita harus berobat kepada dokter dan melakukan perawatan yang baik di Rumah Sakit. Namun, tak jarang, ada orang-orang yang memilih untuk melakukan pengobatan penyakit ginjal dengan cara-cara tradisional dan penggunaan bahan-bahan alami. Bahan-bahan alami dipercaya dapat menjadi solusi penyakit ginjal dan pengobatannya sebagai bentuk kepercayaan yang tinggi terhadap ramuan herbal yang diturunkan secara turun temurun. Berikut merupakan cara mengobati penyakit ginjal dengan menggunakan bahan-bahan alami.

1.) Daun Kumis Kucing

Daun kumis kucing dipercaya dapat menjadi salah satu solusi penyakit ginjal dan pengobatannya. Caranya, dengan membuat ramuan campuran daun kumis kucing, rumput mutiara, dan daun segar. Pada takaran 60gr, campurlah daun kumis kucing, daun segar, dan rumput mutiara pada takaran 30gr dan rebus hingga mendidih. Minumlah 3 kali seharian untuk hasil yang lebih maksimal.

2.) Daun Sukun

Ramuan lain yang digunakan untuk penyakit ginjal dan pengobatannya adalah campuran rebusan daun sukun. Seduh daun sukun dengan air yang telah direbus hingga mendidih, dan tuangkan pada gelas. Pengobatan untuk ramuan ini dianjurkan dengan meminum 2 gelas rebusan air sukun setiap hari untuk sekitar 10 hari demi kesembuhan dan kelancaran fungsi ginjal.

3.) Rumput Alang-Alang

Jika Anda mengira rumput alang-alang merupakan sekedar rumput yang tidak bermanfaat, Anda salah besar. Jika diramu dengan baik, rumput alang-alang ini dapat dimanfaatkan sebagai alternatif solusi penyakit ginjal dan pengobatannya yang tergolong aplikatif. Caranya, rebuslah daun alang-alang pada takaran 120 gr dengan air secukupnya hingga mendidih. Saring, kemudian bagi menjadi 3 gelas untuk diminum 3 kali sehari.

Penyakit ginjal dan pengobatannya yang merupakan penyakit serius, harus ditangani secara serius juga. Perhatikan kesehatan dengan baik dan lakukan pengobatan yang terbaik agar penyakit tidak beresiko untuk menjadi bertambah parah. Keberadaan ramuan bahan-bahan alami mungkin dapat menjadi alternatif, namun sebaiknya dengan rekomendasi dari dokter. Pasalnya, jika dilakukan secara sembarangan tanpa pengetahuan yang memadai terkait penyakit yang diderita, alih-alih menjadi sembuh, penyakit pun bisa jadi memburuk.

Loading Facebook Comments ...