Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Obat Batuk Tradisional Untuk Bayi: Cara Alami Obati Batuk Si kecil

TetapFit.com – Bagi Anda yang mempunyai bayi yang sedang menderita batuk, jangan memberi obat sembarangan. Apalagi memberikan obat kimia yang akan sangat beresiko untuk sikecil. Bayi memang sangat rentan terkena penyakit karena sistem imunnya yang masih lemah. Pemberian obat secara kimia ditakutkan tidak sesuai dengan kondisi tubuh bayi. Dewan Kesehatan Amerika Serikat bahkan memperingatkan untuk tidak menggunakan obat kimia batuk untuk anak di bawah 6 bulan. Obat batuk tradisional untuk bayi yang banyak direkomendasikan oleh orang-orang dulu justru lebih aman untuk digunakan. Berikut ada beberapa jenis obat tradisional yang bisa Anda jadikan referensi.

obat batuk tradisional untuk bayi

Madu

Madu sebagai salah satu alternatif penyembuh batuk telah diuji ada dibuktikan oleh beberapa ahli anak. Dari penelitian tersebut menyebutkan jika anak di bawah 6 bulan yang menderita batuk berdahak diberi madu sedikit demi sedikit setiap harinya secara teratur, batuk yang diderita perlahan akan mereda dan sembuh. Madu sebagai obat batuk tradisional untuk bayi juga dapat ditambahkan dengan jeruk nipis sebagai alternatif lain. Kukuslah 3 sdm jeruk nipis ditambah dengan 4 sdm madu asli dan air matang selama 15 menit. Kemudian berikan campuran obat tersebut sesudah makan dengan dosis 1 sdt 2 hingga 3 kali sehari untuk bayi berumur diatas 7 bulan.

Kunyit

Obat batuk tradisional untuk bayi yang juga dipercaya dapat meringankan dan meredakan batuk adalah rempah-rempah berwarna kuning. Ya, kunyit adalah rempah khas Indonesia yang sudah sering digunakan oleh masyarakat sebagai obat batuk. Kunyit memiliki kandungan zat yang dapat meredakan tenggorokan dan melancarkan dahak. Selain itu, kunyit juga dapat membersihkan tenggorokan dari lendir-lendir. Cara menggunakan kunyit sebagai obat batuk khusus bayi cukup dengan mengoleskan kunyit pada bagian payudara sag ibu jika si kecil masih minum ASI. Atau, Anda juga bisa mencampurkan kunyit bubuk pada susu formula si kecil. Untuk dosisnya, berikan kunyit ini dua kali sehari pada si kecil yang sedang terserang batuk.

Kencur

Jika si kecil menderita batuk yang juga disertai pilek, Anda dapat membuat ramuan dari rempah kencur. Buatlah obat batuk tradisional untuk bayi dengan mencampur 3 ruas jari rempah kencur sedikit garam dan ¾ cangkir air hangat matang. Kupas rempah kencur kemudian cuci hingga bersih dan parut. Ketika Anda sedang memarut, lapisi parutan dengan plastik atau daun agar Anda mudah ketika mengambilnya. Kemudian campurkan parutan kencur dan sedikit garam kedalam air matang lalu saring sarinya. Minumkan air sari tersebut sehari 4×1 sdt untuk usia 7 hingga 11 bulan, 4×1 sdm usia 1 hingga 2 tahun, dan 4×1 ½ sdm usia 3 hingga 5 tahun.

Campuran Kencur dan Jahe

Masih menggunakan rempah kencur, namun untuk kali ini di padukan dengan khasiat jahe. Ramuan ini dapat digunakan untuk obat batuk tradisional untuk bayi atau anak-anak dengan usia 24 bulan ke atas. Siapkan beberapa ruas jahe dan juga kencur. Anda dapat membuat ramuan ini sesuai dengan kebutuhan Anda. Setelah itu, memarkan jahe serta kencur. Setelah dimemarkan, rebus kedua bahan tersebut kedalam air dengan takaran kurang lebih satu gelas. Tunggu hingga air menyusut hingga setengahnya.

Gunakan sisa air ramuan tersebut untuk dijadikan obat batuk tradisional untuk bayi. Dosis yang digunakan cukup satu sendok teh sebelum tidur. Jika diminum secara rutin, maka akan memberikan hasil yang maksimal. Jika batuk yang diderita oleh si kecil tidak juga reda, sebaiknya Anda membawa bayi Anda kerumah sakit atau dokter anak untuk ditangani lebih lanjut. Ditakutkan batuk tersebut adalah gejala awal dari penyakit yang berbahaya.

Loading Facebook Comments ...