Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Munculnya Gejala Penyakit Jantung Pada Wanita

TetapFit.com – Penyakit jantung dapat terjadi secara tiba-tiba pada siapa saja, termasuk pada wanita. Padahal, gejalanya mungkin telah terjadi sejak lama, hanya saja tidak disadari oleh penderita. Pasalnya, serangan jantung pada wanita identik dengan ciri-ciri yang berbeda dengan serangan jantung pada pria, dan membuat wanita less aware terhadap keberadaan penyakit yang satu ini. Oleh karena itu, gejala penyakit jantung pada wanita ini harus dipahami dengan baik oleh para wanita, sehingga jika penyakit tersebut melanda, persiapan dan pengobatan sejak dini pun dapat dilakukan.

Gejala Penyakit Jantung Pada Wanita

Gejala Penyakit Jantung Pada Wanita

Presentase resiko serangan jantung pada wanita yang lebih kecil dari pria tidak lantas menutup kemungkinan bahwa wanita akan sulit untuk terkena serangan jantung. Bahkan, pola hidup yang buruk pada wanita dapat memperbesar kemungkinan terjadinya serangan jantung ini. Misalnya saja, pola makan yang buruk. Hal ini dapat berpengaruh pada kesehatan jantung, dimana aliran darah menjadi tidak lancar dan menimbulkan gangguan. Gejala penyakit jantung pada wanita pun dapat timbul jika wanita kurang melakukan aktivitas secara fisik, sehingga tubuh menjadi lelah akibat stress.

Faktor resiko utama terjadinya gejala penyakit jantung pada wanita adalah kondisi kesehatan para wanita itu sendiri. Contohnya, wanita yang merokok memiliki kemungkinan untuk mengidap penyakit jantung sebesar 6 hingga 9 kali lipat dari yang tidak merokok. Begitu pula dengan wanita yang memiliki riwayat diabetes melitus, dimana ia memiliki kemungkinan 2 kali lipat untuk terkena penyakit jantung ini. Tak hanya itu, penyakit jantung pun perlu diwaspadai oleh wanita yang mengalami obesitas, dan penurunan berat badan dapat mengurangi resiko kemunculan gejala penyakit jantung pada wanita ini. Untuk mengenali lebih jauh bagaimana sesungguhnya gejala itu ditandai, simak beberapa gejala penyakit jantung ada wanita yang kami rangkum berikut ini.

                1.) Terjadi Rasa Nyeri di Beberapa Bagian Tubuh

                Tak hanya di jantung, gejala penyakit jantung pada wanita pun bisa ditandai dengan kemunculan rasa nyeri di bagian-bagian tubuh lainnya, seperti punggung, bahu, maupun leher.

                2.) Merasa Kelelahan

                Rasa lelah yang melanda para wanita meskipun hanya melakukan aktivitas yang ringan, dapat menjadi salah satu ciri gejala penyakit jantung pada wanita. Hal ini patut diwaspadai karena para wanita sendiri biasanya dapat merasakan keanehan yang dialami, dimana gejala ini sangat drastis berbeda dengan kondisi sebelumnya dan memiliki kemungkinan besar sang wanita telah mengalami penyakit jantung.

                3.) Sesak Nafas

                Wanita yang terindikasi gejala penyakit jantung akan kesulitan mengatur nafas mereka, apalagi setelah melakukan aktivitas yang cukup berat. Sesak nafas ini dapat cukup menyiksa, apalagi wanita aktif yang penuh dengan segudang aktivitas akan mengalami masa-masa yang sulit setelah mengalami gejala penyakit jantung.

                4.) Mudah Berkeringat

                Gejala ini sangat perlu diwaspadai oleh para wanita. Pasalnya, keringat akan muncul bahkan tanpa adanya aktivitas atau kegiatan yang berarti. Biasanya, keringat ini bahkan seolah menunjukkan bahwa kita telah melakukan aktivitas yang melelahkan, meskipun pada kenyataannya kita hanya melakukan aktivitas yang super ringan. Di kala gejala ini muncul, para wanita harus berpikir untuk memeriksakan diri ke dokter.

                5.) Munculnya Rasa Cemas Berlebihan

                Di saat gejala penyakit jantung pada wanita mulai muncul, gejala-gejala lain pun akan senantiasa mengikuti. Misalnya, wanita yang mengalami gejala penyakit jantung akan mengalami susah tidur, dan susah tidur tersebut akan mengantarkannya pada rasa cemas yang berlebihan. Munculnya rasa cemas ini didasari oleh kurangnya istirahat fisik pada wanita yang mempengaruhi aspek psikologisnya.

Loading Facebook Comments ...