Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Menjaga Keharmonisan Hubungan Dalam Rumah Tangga

TetapFit.com – Bagi setiap pasangan yang telah mengikat janji suci dalam pernikahan harapannya pasti menginginkan rumah tangganya sakinah, mawadah, dan warohmah. Untuk menciptakan harapan tersebut tentunya dibutuhkan cara untuk menjaga keharmonisan hubungan. Memang bukan perkara yang mudah dalam menjaga keharmonisan dalam rumah tangga, namun apabila didasari dengan rasa cinta dan kasih sayang terhadap pasangan masing-masing, semua cara akan ditempuh untuk dapat mewujudkannya. Dan untuk dapat mewujudkan itu semua, berikut ini tips yang mudah untuk dilakukan:

Menjaga Keharmonisan Hubungan

Memahami Pasangan

Untuk urusan pemahaman pastinya merupakan hal yang cukup sulit untuk dilakukan, karena terbentur dengan masalah ego dari masing-masing pribadi. Oleh karena itu untuk menjaga keharmonisan hubungan antara suami dan isteri ego harus dikesampingkan terlebih dahulu. Apabila ego sudah bisa diatasi, maka langkah selanjutnya ialah dengan saling memahami satu sama lain. Dalam hubungan suami isteri maka harus ada yang mengalah ketika pasangannya sedang mengalami tekanan dalam dirinya. Sikap mengalah disini yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pasangan, bahwa dia tidak sendiri dalam menghadapi permasalahan.

Hindari Berdusta

Salah satu penyakit yang sepertinya dimaklumi dari setiap pasangan ialah dusta atau berbohong. Pada dasarnya ketika seseorang mengucapkan sesuatu hal yang tidak relevan dengan kejadian yang sebenarnya, maka akan terus dilakukan untuk menutupi kebohongannya. Namun, ada pepatah yang mengatakan sedalam-dalamnya bangkai dikubur suatu saat baunya akan tercium juga. Oleh karena itu untuk menjaga keharmonisan hubungan bersikaplah sportif dan terus terang mengenai kenyataan yang sebenarnya. Walaupun berkata jujur itu pahit, namun buah dari sikap jujur tersebut adalah hal yang memiliki nilai yang baik.

Kedewasaan Diri

Untuk menjaga keharmonisan hubungan salah satu caranya ialah dengan menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Dalam menciptakan pribadi yang lebih baik tentunya berkaitan dengan kedewasaan dari masing-masing pasangan. Masalah kedewasaan memang merupakan suatu hal yang harus dimiliki khususnya bagi pria. Dengan kedewasaan seorang pria bisa menempatkan dirinya disegala kondisi yang sedang terjadi baik rumit ataupun sulit. Dan efek yang dirasakan oleh perempuan yang menjalin hubungan dengan pria yang dewasa ialah rasa nyaman dan aman, karena selalu dilindungi dan dijaga baik perasaan dan jiwanya.

Menyenangkan Pasangan

Hal yang satu ini biasanya menjadi hal yang jarang dilakukan atau bahkan tidak lagi dilakukan ketika sudah menikah. Sikap acuh tak acuh ketika sudah menikah yang sangat bertolak belakang pada saat menjalin hubungan pacaran dahulu. Dan masalah yang terjadi apabila hal ini tidak lagi dilakukan, maka pasangan akan merasa ada sesuatu yang hilang dari kehidupannya. Maka dari itu, usahakan untuk selalu menyenangkan pasangan. Dalam menyenangkan pasangan tentunya tidak harus selalu dengan hal-hal yang mewah, namun berikanlah kesenangan terhadap pasangan dengan hal-hal yang sederhana namun dilakukan secara berkala. Dengan demikian menjaga keharmonisan hubungan bisa selalu terjalin.

Sikap Saling Menghormati

Setelah menjalin ikatan suci yang dinamai pernikahan maka lembaran hidup baru akan ditulis. Dan satu hal yang harus dimengerti oleh setiap pasangan yang menikah ialah, harus saling menghormati. Ada anggapan ketika menikah, maka perempuan harus selalu mengerti dan menghormati suaminya. Memang benar, namun tidak harus selalu perempuan yang menghormati suaminya akan tetapi pria juga harus menghormati perempuan yang menjadi isterinya. Upaya menjaga keharmonisan hubungan dengan sikap saling menghormati merupakan cara yang paling ampuh untuk dilakukan oleh setiap pasangan yang sudah menikah.

Loading Facebook Comments ...