Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Mengenal Ciri-Ciri Penyakit Demam Berdarah

TetapFit.com – Wabah penyakit demam berdarah bukanlah perkara sederhana. Pasalnya, jika tidak segera diobati, penyakit ini dapat bertambah parah dalam jangka waktu tertentu dan berujung pada kematian. Untuk itu, penyembuhan dan penanggulangannya sangat perlu disebarluaskan informasinya dan diaplikasikan agar seseorang dapat hidup dengan lebih sehat. Kita harus tahu ciri-ciri penyakit demam berdarah sehingga jika gejala itu muncul, kita dapat siap siaga dan tidak meremehkan gejala penyakit yang kita alami, agar dapat tertangani dengan baik,

ciri ciri penyakit demam berdarah

Cuaca turut berperan penting dalam kemunculan dan penyebaran wabah demam berdarah atau yang sering disebut dengan DBD ini. Demam berdarah disebarkan oleh nyamuk bergaris putih yang akrab dengan sebutan nyamuk Aides Aegepty. Lewat gigitannya, ia akan menimbulkan penyakit demam berdarah pada diri seseorang dengan keadaan tubuh yang sedang tidak fit dan rentan penyakit. Agar penyakit ini dapat ditangani dan disembuhkan dengan baik, sebaiknya kita mengenal berbagai ciri-ciri penyakit demam berdarah berikut ini.

  1. Suhu badan panas selama kurang lebih 7 hari tanpa adanya penyebab yang jelas. Sementara itu, suhu badan pun dapat meningkat hingga 40 derajat Celcius, dan terkadang disertai dengan bintik merah. Jika hal ini terjadi, perlu diwaspadai bahwa penyakit demam berdarah mulai mendera tubuh. Ciri-ciri penyakit demam berdarah yang satu ini memang merupakan gejala awal dengan presentase indikasi yang cukup tinggi.
  2. Nafsu makan menghilang ketika seseorang terindikasi mengalami demam berdarah. Pasalnya, penyakit ini dapat menghilangkan stamina dan vitalitas tubuh seseorang. Oleh karena itu, ciri-ciri penyakit demam berdarah ini dapat menjadi berbahaya jika tidak dipaksakan untuk makan karena stamina tubuh dapat menurun.
  3. Sesak nafas disertai nafas yang tidak beraturan merupakan salah satu ciri-ciri penyakit demam berdarah lainnya. Ketika penyakit ini sudah melanda, sesak nafas dapat terjadi dan menimbulkan ketidaknyamanan bagi para penderitanya. Biasanya, pada tahap ini, seseorang dengan serangkaian cirri-ciri demam berdarah sudah harus mendapat perawatan yang layak di tangan ahlinya.
  4. Wajah akan terlihat kian kemerahan jika penyakit ini sudah melanda. Efek wajah yang memerah ini pun diakibatkan oleh demam yang dialami penderita demam berdarah.
  5. Demam di saat terkena penyakit demam berdarah ibarat pelana kuda. Setelah mengalami panas tinggi dalam suatu waktu, biasanya deman tersebut akan menghilang sementara, dan muncul lagi di hari-hari berikutnya. Jika demam telah reda, pastikan kesehatan tubuh senantiasa dijaga, karena bisa jadi hal tersebut merupakan fase dari serangkaian ciri-ciri penyakit demam berdarah yang sedang terjadi.

Penyakit demam berdarah bukanlah penyakit sembarangan yang mudah datang dan mudah sembuh. Namun, ia harus ditangani dengan baik oleh dokter demi kesembuhan penderita penyakit ini. Pada awalnya, jika terjadi panas tinggi dan tidak kunjung sembuh, cobalah untuk mengecek trombosit. Pasalnya, ada indikasi terkena penyakit demam berdarah. Apabila setelah diperiksa trombosit tidak berada di level normal, yaitu sekitar 150.000 hingga 500.000, sangat perlu diwaspadai Anda terinfeksi penyakit demam berdarah.

Perawatan di rumah sakit merupakan cara yang tepat dalam pengobatan ciri-ciri penyakit demam berdarah ini. Pasalnya, penyakit ini sendiri tidak ada obatnya, namun perawatan dilakukan agar penderita senantiasa sehat dan tidak mengalami dehidrasi akibat demam yang terus menerus dan berkepanjangan. Selain itu, perawatan di rumah sakit pun biasanya disertai dengan keberadaan infus yang dapat membantu penderita memenuhi kebutuhan gizi makanan yang dibutuhkan, mengingat pasien dengan penyakit ini seringkali tidak nafsu makan.

Loading Facebook Comments ...