Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Makanan Sehat Untuk Bayi 6 Bulan Sebagai Pendamping ASI

TetapFit.com – 6 bulan adalah usia di mana bayi sudah perlu diperkenalkan dengan makanan sehat yang tepat atau yang biasa disebut dengan makanan pendamping ASI (MPASI). Hal ini dikarenakan sistem pencernaan bayi yang berusia 6 bulan telah sempurna dan sudah mampu memproduksi enzim pencernaan. Sehingga jika sudah mulai diperkenalkan makanan sehat untuk bayi 6 bulan, maka bayi dapat mengurangi resiko alergi terhadap makanan.

Makanan Sehat Untuk Bayi 6 Bulan

Selain itu, bayi yang sudah berusia 6 bulan sudah dapat menggerakkan makanan dari depan ke belakang mulut. Sehingga, hal ini memudahkan bayi untuk menelan makanan yang diberikan. Untuk menunya, tentu saja harus selalu diperhatikan supaya kesehatan sang bayi dapat terjaga apalagi mengingat bahwa bayi berusia 6 bulan adalah masa yang vital untuk bayi dalam perkembangan dan pertumbuhan nantinya. Dengan memberikan asupan gizi yang tepat pada makanan, diharapkan nantinya bayi dapat tumbuh dengan sehat dan baik serta cerdas.

Menu Makanan Sehat Yang Tepat

Bayi dianjurkan untuk diberi ASI hingga usia menginjak 6 bulan. Dalam hal ini, bayi dalam 6 bulan pertama mengkonsumsi ASI saja baik untuk makanan utamanya ataupun untuk obat dan pencegah dari berbagai penyakit. Maka dari itu, sering sekali dokter menganjurkan untuk diberi ASI sesering mungkin ketika bayi sedang sakit. Dan setelah bayi memasuki usia 6 bulan, bayi dapat diberi makanan pembantu ASI atau makanan sehat untuk bayi 6 bulan.

Untuk membuat makanan sehat untuk bayi 6 bulan, tidak sesulit yang dibayangkan. Pada usia 6 bulan ini, bayi perlu menyesuaikan dengan makanan pembantu ASI. Karena itulah jumlah yang diberikan tidak bisa sekali langsung banyak. Jumlah yang diberikan sedikit demi sedikit, yaitu tidak lebih dari 1 sendok makan tiap sekali makan. Di minggu pertama, bayi diberi sehari sekali saja dengan ditambah buah-buahan yang dilumatkan sebagai makanan selingan. Jadi, makanan utama bayi tetap ASI.

Jenis makanan sehat untuk bayi 6 bulan yang sering dianjurkan adalah bubur susu, bukan bubur tim. Bubur instan yang sekarang ini banyak dijual di toko-toko bisa dijadikan sebagai alternatif makanan pendamping lainnya. Setiap bubur instan bayi dari berbagai merk memiliki petunjuk khusus untuk usia berapa. Anda bisa menyesuaikan usia bayi Anda. Tapi perlu diingat, bubur instan ini hanyalah sebagai pendamping saja dan alternatif. Karena segala sesuatu yang instan biasanya memiliki efek samping jika terlalu sering dikonsumsi bayi. Anda cukup memberikan bubur instan jika dalam keadaan darurat saja, terutama untuk ibu-ibu karir. Sebaiknya, usahakan di pagi hari membuat makanan untuk bayi terlebih dahulu.

Adapun beberapa menu makanan sehat untuk bayi 6 bulan yang bisa Anda sendiri, diantaranya yaitu:

1. Bubur tepung beras atau beras merah.

Bubur ini dapat dibuat dengan menggunakan kaldu daging, sayuran, atau susu formula khusus yang cocok untuk bayi Anda.

2. Daging halus dan ikan tidak berduri

Pilih daging yang tidak berlemak dan jenis ikan tidak berduri yang bisa diberikan untuk makanan pendamping ASI adalah ikan gindara, ikan kakap, dan ikan salmon. Cara mengolah ikan dan daging tersebut cukup diblender saja sampai halus.

3. Buah dan sayur

Buah yang bisa diberikan untuk bayi 6 bulan adalah pisang, mangga, apel, pepaya, jeruk, dan alpukat. Sedangkan untuk sayurannya, misalnya wortel dan bayam. Kandungan vitamin dan nutrisi dari jenis buah dan sayur tersebut sangat dibutuhkan oleh bayi

Loading Facebook Comments ...