Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Gejala dan Ciri-ciri Penyakit Paru-paru Basah

TetapFit.com – Paru-paru basah atau yang disebut juga dengan Pheumonia adalah penyakit yang disebabkan oleh adanya infeksi atau dapat pula berupa peradangan yang diakibatkan oleh virus, bakteri ataupun jamur pada paru-paru. Oleh karena itu, ciri-ciri penyakit paru-paru basah yang sangat menonjol adalah batuk berkepanjangan dan tidak berhenti. Gejala batuk yang berkepanjangan ini merupakan akibat dari adanya infeksi pada tenggorokan atau juga pada area paru-paru. Banyak orang tidak menyadari jika mereka telah terkena infeksi virus atau bakteri yang mengakibatkan paru-paru basah.

ciri ciri penyakit paru paru basah

Sebagian mereka tidak menyadari penyakit paru-paru basah disebabkan karena mereka tidak mengetahui ciri-ciri penyakit paru-paru basah secara gamblang. Akibat dari ketidaktahuan ini, pada akhirnya mereka seolah-olah menganggap remeh jenis penyakit ini. Sebenarnya paru-paru basah dapat terjadi akibat dari virus, bakteri dan juga jamur yang banyak terdapat disekeliling kita karena lingkungan tidak sehat. Tidak memperhatikan dan menjaga kondisi pernafasan ketika berada dilingkungan yang tidak sehat sehingga pada akhirnya mereka terjangkit penyakit ini. Sebagai antisipasi terkena atau tertular paru-paru basah, sebaiknya Anda lebih menjaga alat pernafasan dan juga mengetahui gejala dan juga ciri-cirinya untuk langkah antisipasi.

Ciri-ciri penyakit paru-paru basah yang sangat menonjol telah disebutkan yaitu batuk yang berkepanjangan. Selain itu, masih ada beberapa ciri lain yang biasa ditimbulkan oleh penderita paru-paru basah. Jika telapak tangan dan juga kaki Anda sering terasa dingin kemudian mengeluarkan keringat, bisa jadi Anda menderita paru-paru basah. Telapak tangan basah tidak bisa dijadikan indikasi utama karena ciri-ciri ini juga dapat muncul pada penderita jantung atau juga saat Anda merasa nervous. Kemudian, ketika Anda merasakan sesak nafas atau kesulitan saat bernafas juga ciri-ciri dari penyakit paru-paru basah.

Selain itu, batuk terus menerus yang disertai dengan dahak menurut medis termasuk dalam ciri-ciri penyakit paru-paru basah. Pada saat batuk dada Anda juga akan merasakan sakit dan juga sesak. Hal ini diakibatkan karena adanya infeksi pada paru-paru Anda. Untuk menghindari agar penyakit Anda tidak bertambah parah, usahakan agar tidak terlalu sering keluar malam dan juga hentikan pemakaian kipas angin pada malam hari. Hal tersebut dapat memicu penyakit paru-paru basah.

Ciri-ciri Paru-Paru Basah Pada Anak

Penyakit paru-paru basah pada anak kasus yang terjadi kebanyakan diderita oleh balita sekitar umur di bawah 2 tahun atau 22 bulan. Sedangkan untuk ciri-ciri penyakit paru-paru basah pada anak biasanya diawali dengan demam kemudian disertai dengan batuk juga pilek, sakit kepala dan juga berkurangnya nafsu makan si kecil. Jika Anda tidak jeli Anda hanya akan menganggap gejala awal tersebut hanya sebagai penyakit ringan biasa. Jadi, ketika anak Anda mulai menunjukkan ciri-ciri tersebut segera periksakan untuk mengetahui lebih jauh.

Ciri-ciri penyakit paru-paru basah pada anak adalah jika usia 2 bulan nafasnya ternyata lebih cepat 60 kali/detik, untuk usia 2 hingga 12 bulan lebih cepat 55 kali/detik, dan jika anak Anda berusia 1 hingga 5 tahun nafasnya lebih cepat 40 kali/detik. Selain itu juga anak mengalami sesak nafas pendek dengan hidung mengembang dan mengempis, anak Anda memiliki kemungkinan mengalami paru-paru basah. Dalam kasus paru-paru basah tingkat berat akan terlihat adanya tarikan dinding dada pada bagian bawah kedalam, mengalami kejang, dan juga kenaikan suhu tubuh. Jika anak Anda mengalami gejala tersebut, segeralah bawa kedokter atau rumah sakit untuk ditangani lebih lanjut.

Loading Facebook Comments ...