Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Fungsi Karbohidrat untuk Tubuh Manusia

TetapFit.com  – Karbohidrat sangatlah dibutuhkan oleh manusia, sehingga asupannya harus selalu terpenuhi dengan baik. Karbohidrat akan memberi energi pada tubuh dan peranannya sangatlah penting. Selain untuk memenuhi kebutuhan energi, karbohirdrat juga memiliki beberapa fungsi lain yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang karena sangat jarang dibahas. Kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap fungsi karbohidrat tentu sangat disayangkan. Maka dari itu kami akan membahas uraiaan khusus yang membahas fungsi karbohidrat secara lebih spesifik supaya bisa membuka wawasan banyak orang tentang senyawa organik tersebut. Selengkapnya di bawah ini.

 

Fungsi Karbohidrat untuk Tubuh Manusia

Fungsi Karbohidrat untuk Tubuh Manusia

Fungsi Karbohidrat untuk Tubuh Manusia

  • Sumber Energi

Setiap orang membutuhkan karbohidrat karena merupakan sumber energi. Aktivitas yang anda lakukan tentu saja membutuhkan energi supaya berlajan maksimal, sehingga anda harus memiliki energi yang cukup dengan cara mencukupi asupan karbohidrat.

  • Mengoptimalkan Fungsi Protein

Karbohidrat dan protein sama-sama memiliki peran penting bagi tubuh dan harus terpenuhi secara cukup. Jika salah satu tidak tercukupi maka tentunya akan menimbulkan masalah bagi tubuh anda. Misalnya saja jika anda kekurangan asupan karbohidrat, maka protein akan beralih peran sebagai cadangan energi sehingga fungsinya tidak akan maksimal karena fokusnya terbagi dua. Maka dari itu anda harus mencukupi kebutuhan karbohidat supaya fungsi protein tetap berjalan optimal sehingga keduanya akan saling melengkapi satu sama lain untuk mewujudkan tubuh yang sehat.

 

Baca Juga : Manfaat Jagung untuk Wanita Hamil

 

  • Melancarkan Pencernaan

Fakta yang didapat dari berbagai penelitian selama ini menunjukkan bahwa jenis makanan yang kaya akan serat dan karbohidrat akan sangat baik untuk pencernaan. Jika anda kekurangan karbohidrat atau serat, maka fungsi pencernaan akan terganggu sehingga menimbulkan masalah sulit buang air besar.

 

  • Pemanis Alami 

Karbohidrat akan berperan sebagai pemanis alami makanan sehingga kebutuhan asupannya harus dicukupi. Dua kandungan yang akan berperan central adalah disakarida dan

 

  • Mengatur Metabolisme Lemak

Jika anda mampu mencukupi kebutuhan karbohidrat secara optimal, maka otomatis metabolisme lemak akan berjalan dengan baik. Ya, karbohidrat akan mencegah terjadinya oksidasi lemak sehingga proses metabolisme lemak tidak terhambat.

Setelah mengetahui beberapa manfaat karbohidrat untuk tubuh, kini saatnya anda mengetahui beberapa jenis makanan utama penghasil karbohidrat. Beberapa makanan tersebut diantaranya beras, beras merah, singkong, sagu, ubi jalar, sayur hijau, kentang rebus, buah berry, jagung, kacang-kacangan, dan buah apel.

Itulah beberapa fungsi karbohidrat untuk tubuh manusia. Informasi di atas tentu saja diperuntukkan bagi semua orang tanpa terkecuali, karena fungsi karbohidrat memang sangat penting untuk diketahui. Jangan sampai kita memenuhi kebutuhan karbohidrat setiap hari tanpa tahu fungsinya bagi tubuh. Maka dari itu ulasan di atas perlu disimak dengan baik dan tidak boleh dianggap remeh oleh siapapun. Sekian ulasan dari kami tentang Fungsi Karbohidrat untuk Tubuh Manusia dan semoga bermanfaat.

Loading Facebook Comments ...