Ciri-Ciri Penyakit Usus Buntu dan Cara Pengobatannya

TetapFit.com – Apakah ciri-ciri penyakit usus buntu bisa kita ketahui? Jawabannya tentu bisa. Ada beberapa gejala yang menandakan bahwa seseorang telah menderita usus buntu. Penyakit dengan nama lain appendicitis ini merupakan penyakit gangguan pada organ usus buntu. Tapi banyak orang yang salah mengartikan jenis penyakit ini. Oleh sebab itu, sebelum membahas lebih jauh, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu mengenai definisi, gejala dan cara pengobatannya. Harapannya adalah pembaca bisa lebih mengetahui dan lebih peduli terhadap kesehatan tubuh kita.

ciri ciri penyakit usus buntu

Usus buntu merupakan salah satu organ didalam tubuh. Besarnya tidak lebih dari ukuran jari kelingking kita. Tetapi meskipun ukurannya kecil, usus buntu berperan penting terhadap proses pencernaan makanan. Didalam usus buntu mampu menampung sisa makanan atau sampah yang tidak bisa dicerna, serta menyimpan bakteri baik yang membantu kerja proses pencernaan makanan. Yang menjadi masalah adalah jika terjadi radang pada usus buntu, biasanya disebabkan tersumbatnya usus buntu. Ciri-ciri penyakit usus buntu yang demikian bisa Anda ketahui dari gejala-gejala yang timbul. Pada usus buntu yang terkena radang akan muncul nanah di dalam usus.

Gejala Penyakit Usus Buntu

Usus buntu bentuknya menyerupai kantong kecil, tetapi mempunyai peran yang penting. Usus buntu selalu bekerja keras dalam proses pencernaan makanan. Kelainan pada usus buntu atau appendix bisa saja terjadi pada tubuh kita, misalnya terjadi radang usus buntu. Gejala yang timbul adalah merasakan nyeri. Ciri-ciri penyakit usus buntu ini diawali dari gejala sakit pada sekitar pusar sampai perut bagian bawah kanan. Beberapa kasus yang ada, gejala ini dirasakan dalam waktu cukup singkat, kemudian akan bertambah parah dalam hitungan 20 jam sesudahnya. Rasa nyeri yang timbul semakin sakit, kadang seperti ditusuk-tusuk.

Penyakit usus buntu juga termasuk penyakit yang banyak diderita oleh manusia. Jenis penyakit dalam ini banyak di derita pada manusia mulai umur 10-30 tahun. Biasanya penyakit ini disebabkan oleh pola makanan yang dikonsumsi tidak sehat dan sulit dicerna, sehingga terjadi penyumbatan. Faktor lain disebabkan oleh infeksi pada usus appendix. Ciri-ciri penyakit usus buntu di atas merupakan ciri yang paling dominan dengan disertai gejalanya. Maka, Anda tentu sudah bisa memperkirakan ciri-ciri gangguan usus buntu tersebut. Oleh karena sebelum hal itu terjadi, kita melakukan upaya pencegahan. Sebelum semua terlanjur terjadi yang akhirnya mengharuskan operasi.

Mengobati Penyakit Usus Buntu

Jika usus buntu sudah terlanjur diderita, maka Anda mengharuskan melakukan penanganan. Dalam dunia medis, penyakit usus buntu biasanya dilakukan operasi usus buntu. Hal ini dilakukan untuk memotong usus yang tersumbat. Tetapi untuk melakukan operasi ini dibutuhkan biaya lebih dari 10 juta. Belum lagi biaya perawatan, opname dan rawat jalan. Operasi ini bisa saja tidak dilakukan jika usus buntu yang terjadi belum terlalu parah. Ciri-ciri penyakit usus buntu yang dilihat dari gejala yang timbul bisa sembuh tanpa operasi. Tentu tetap menggunakan metode pengobatan. Misalnya menggunakan metode alami atau obat herbal.

Ciri-ciri penyakit usus buntu sudah bisa Anda ketahui, upaya pencegahan sudah Anda lakukan. Kemudian Anda membutuhkan pengobatan alami, untuk menghindari cara operasi usus buntu. Metode pengobatan alami ini bisa dilakukan selagi belum terlalu parah. Obat herbal yang bis Anda gunakan untuk mengobati adalah jus buah dan kulit manggis. Khasiat manggis memang sudah tidak diragukan lagi, senyawa xanthone pada manggis sangat berkhasiat sebagai anti radang dan membunuh bakteri penyebab infeksi pada usus buntu. Tetapi Anda harus selalu rutin melakukan chek-up ke dokter spesialis untuk melihat perkembangannya. Demikian informasi singkat ini, semoga bermanfaat untuk Anda dan lebih peduli terhadap kesehatan Anda.

Loading Facebook Comments ...