Ciri-ciri Penyakit Tipes, Waspadai Gejala Ini

TetapFit.com – Penyakit tipes adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang disebut Salmonella Thyposa atau bisa juga Salmonella Paratyphi A, B dan juga C. Sebagai tindakan antisipasi Anda harus mengetahui terlebih dahulu ciri-ciri penyakit tipes. Penyakit ini menyerang bagian tubuh tepatnya pada usus halus dan kemudian menyebabkan infeksi pada usus halus tersebut. Terkadang juga dapat juga menginfeksi pada aliran darah. Biasanya virus yang mengakibatkan tipes masuk melalui pencernaan kemudian melakukan perkembangbiakan. Setelah itu, akan menembus pada dinding usus halus untuk menuju pada saluran limfa pada tubuh. Pembiakan virus tersebut dapat pula terjadi pada saluran retikuloendothelial untuk kemudian menyebar kembali pada pembuluh darah.

Ciri-ciri Penyakit Tipes, Waspadai Gejala Ini

Pasalnya, itulah yang pada akhirnya mengakibatkan seseorang dapat terkena penyakit tipes. Secara medis penyakit tipes ini ditandai dengan turunnya trombosit pada darah dan juga sel darah merah. Ketika Anda menderita penyakit tipes akan merasakan anemia yang sangat rendah. Anemia ini disebabkan oleh adanya pendarahan pada usus halus akibat dari infeksi virus. Secara medis, ciri-ciri penyakit tipes ini juga ditunjukkan dengan ditemukannya bakteri Salmonella Thyposa dalam darah, urin, dan juga pada kotoran.

Ciri-ciri penyakit tipes yang akan muncul pada pemeriksaan fisik bisanya akan ditemukan bahwa denyut nadi sedikit melemah. Periksalah apakah denyut nadi Anda melemah atau tidak, selain itu biasanya akan ditemukan pula pembesaran pada limfa akibat dari infeksi virus yang terjadi. Otot perut yang menegang juga merupakan gejala awal mengalami sakit tipes. Perut juga akan cenderung menjadi kembung. Periksalah pula apakah Anda mengalami radang pada kandung empedu karena virus tipes juga dapat berkembang biak dan menempati kandung empedu.

Biasanya pada penderita tipes gejala atau ciri-ciri penyakit tipes seperti temperatur suhu badan meningkat setiap harinya. Gejala peningkatan suhu badan ini biasanya terjadi pada sore dan juga malam hari. Fase kenaikan suhu badan ini terjadi kurang lebih selama seminggu hingga sepuluh hari. Ini merupakan gejala awal seseorang mengalami sakit tipes. Panas dari badan penderita akan terus terjadi secara berkelanjutan dan konstan. Jika pada pagi hari panas akan turun dan sore hari hingga malam panas akan mulai tinggi lagi. Ini adalah siklus demam yang harus sangat Anda waspadai.

Fase demam ini juga akan dibarengi dengan ciri-ciri penyakit tipes lain seperti mengalami diare, perut terasa tidak nyaman, sembelit atau susah buang air besar, sakit kepala, peradangan pada tenggorokan atau infeksi, dan juga kondisi tubuh yang akan menjadi sangat lemah. Jika Anda telah mengalami gejala seperti tersebut, sebaiknya segera periksa dan lakukan uji laboratorium untuk mengetahui kadar trombosit dan juga darah merah. Jika kondisi sudah mencapai lever parah, kesadaran akan mulai menurun dan semakin melemah. Semakin cepat Anda bertindak, akan semakin mudah untuk mengatasi dan menanggulanginya.

Selain itu, ciri-ciri penyakit tipes yang lain adalah adanya peningkatan titer Widal, air kencing akan berwarna seperti sedikit kecoklatan, dan juga akan timbul bercak berwarna merah pada bagian tubuh tepatnya dada dan perut. Sebaiknya Anda lakukan pencegahan agar Anda tidak tertular ataupun terinfeksi virus ini. Penyebaran dari penyakit ini biasanya terjadi melalui kontaminasi virus dari kotoran, makanan, minuman, ataupun benda lain. Usahakan agar selalu hidup dengan sehat dan bersih agar lingkungan Anda menjadi sehat agar dapat mencegah terjangkit penyakit akibat dari virus Salmonella Thypos ini. Lingkungan yang bersih selain sehat tentu akan menjadikan lebih nyaman.

Loading Facebook Comments ...