Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Ciri-Ciri Penyakit TBC dan Penyebabnya

TetapFit.com – Penyakit TBC atau sering disebut TB (tuberkulosis) adalah penyakit infeksi karena disebabkan bakteri Mycobacterium tuberculosis. Selain itu, penyakit ini sering menyerang saluran pernafasan atau paru-paru, meskipun dari sepertiga kasus yang ada dapat menyerang bagian organ tubuh yang lain yang ditularkan orang ke orang. Penyakit TBC merupakan jenis penyakit menular yang berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia.   Apabila penyakit ini tidak ditangani dengan segera dapat berakibat fatal. Ada beberapa ciri-ciri penyakit TBC yang perlu Anda ketahui, sehingga ketika Anda atau keluarga ada yang mengalami hal tersebut dapat segera ditangani.

ciri ciri penyakit tbc

Ciri- Ciri Penyakit TBC Paru- Paru

  • Gejala awal orang yang terinfeksi penyakit TBC dapat diketahui dari kondisi fisiknya. Salah satunya yaitu penderita mengalami demam yang tidak terlalu tinggi namun berlangsung lama kadang bisa lebih dari satu bulan. Demam tersebut terjadi saat malam hari disertai dengan keluarnya keringat. Kadang-kadang, ciri-ciri penyakit TBC adalah penderita mengalami demam yang disertai influenza namun tidak berlangsung lama.
  • Penderita yang terkena TBC biasanya dimulai dengan batuk yang disertai dengan dahak bahkan ada yang sampai keluar darah.
  • Penderita mengalami gangguan sesak napas dan terasa nyeri di bagian dada.
  • Penderita akan terlihat lesu dan lemah.
  • Terjadinya penurunan berat secara drastis karena hilangnya nafsu makan pada penderita.
  • Urin pada penderita TBC berwarna kemerah-merahan atau keabu-abuan yang terlihat keruh. Ciri-ciri penyakit TBC yang terakhir ini terjadi jika penderita sudah mengalami gejala-gejala yang lama namun tidak segera ditangani.

Penyebab Penyakit TBC

Penyebab penyakit TBC yaitu diakibatkan infeksi dari bakteri Mycobacterium tuberculosis yang biasanya menyerang organ paru-paru. Namun, bakteri ini juga dapat menyerang bagian organ tubuh yang lain seperti usus, ginjal, kelenjar getah bening, tulang, kandungan bahkan dapat menyerang otak. Bakteri penyebab penyakit TBC sifatnya sangat mudah menular dari satu orang ke orang lain. Media penularannya hanya melalui percikan cairan oleh penderita TBC saat batuk atau bersin sehingga terhirup oleh orang yang berada disekitarnya.

Bakteri penyebab penyakit TBC tidak akan menyerang orang yang memiliki tubuh sehat, cukup asupan gizi dan daya tahan tubuhnya baik. Ciri-ciri penyakit TBC dapat menular dengan mudah pada orang-orang yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah serta kekurangan asupan gizi. Selain itu, penyakit TBC dapat menginfeksi orang-orang yang tinggal di lingkungan kumuh dan dengan udara yang kotor. Gizi buruk dan keadaan lingkungan yang buruk sangat memudahkan bakteri TBC yang tertidur pulas di dalam tubuh dengan cepat dapat menjadi aktif kembali. Serangan infeksi bakteri TBC juga dapat muncul tanpa adanya gejala yang menonjol, hanya batuk-batuk ringan sehingga sering dianggap remeh oleh penderita. Sehingga, penderita TBC dengan mudah menularkan bakteri tersebut di tempat umum. Penyakit TBC akan terlihat jika keadaannya sudah semakin parah.

Jika Anda atau keluarga mendapati ciri-ciri penyakit TBC seperti yang disebutkan di atas, sebaiknya untuk melakukan pencegahan agar dapat meminimalisir penyebaran bakteri tersebut terhadap orang lain dengan cara:

  • Jangan meludah di sembarang tempat. Sebaiknya, jika meludah pada tempat sampah atau tempat yang terkena sinar matahari.
  • Menutup mulut saat Anda mengalami batuk atau bersin. Akan lebih baik jika Anda mengenakan masker apabila terdapat gejala-gejala seperti diatas.
  • Menjemur tempat tidur penderita TBC secara rutin, agar bakteri TBC dapat mati karena terkena sinar matahari.
  • Menjaga kesehatan tubuh lebih baik lagi seperti menjaga kebersihan dan makan-makanan yang bergizi supaya kekebalan tubuh menjadi lebih kuat.
  • Usahakan untuk istirahat dengan cukup.
  • Olahraga ringan secara teratur untuk membantu memulihkan badan supaya lebih sehat.

Itulah ciri-ciri penyakit TBC dan penyebabnya serta cara pencegahan yang perlu Anda ketahui. Dengan begitu, Anda dapat menjaga kesehatan dengan lebih baik agar terhindar dari penyakit tersebut.

Loading Facebook Comments ...