Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Menghilangkan Plak Pada Gigi

TetapFit.com – Sampai saat ini cara menghilangkan plak pada gigi masih banyak dicari karena hampir semua orang pernah mengalami giginya yang terdapat karang. Karang yang terdapat pada gigi ini akan membuat kesehatan gigi menjadi terganggu, akibatnya gigi akan mudah berlubang dan bau mulut mulai menyebar. Karang gigi ataupun plak ini bersifat menempel pada gigi dan tentu saja sulit untuk dihilangkan. Wajib hukumnya menjaga kebersihan mulut Anda karena semua makanan yang Anda makan masuk dari mulut, adanya karang akan beresiko untuk kesehatan Anda. Bagi Anda yang ingin membersihkan plak pada gigi, simak uraian berikut ini.

Cara Menghilangkan Plak Pada Gigi

Cara menghilangkan plak atau karang pada gigi

Menyikat gigi dengan tepat

Menyikat gigi bagi beberapa orang memang bukan hal yang menyenangkan, banyak orang yang merasa malas dan hanya menyikat gigi sehari sekali. Banyak dokter yang menuturkan untuk menyikat gigi sehari 3 kali, salah satu manfaatnya yaitu untuk membersihkan gigi agar tidak terdapat karang. Cara menghilangkan plak pada gigi ini sudah dibuktikan oleh banyak orang, cukup 3 kali saja dan jangan terlalu sering. Cara menyikat gigi Anda yang benar yaitu dengan gerakan naik turun agar di sela-sela gigi Anda tidak ada bakteri yang tertinggal.

Kumur dengan obat kumur

Saat ini ada banyak sekali obat kumur yang beredar di pasaran. Jika Anda merasa ragu untuk memilih salah satu diantaranya, maka konsultasikan kepada dokter Anda. Mintalah petunjuk mengenai obat kumur yang aman sehingga tidak memberikan resiko berbahaya. Cara menghilangkan plak pada gigi dengan berkumur dengan obat kumur ini cukup efektif, setelah menyikat gigi biasanya belum semua bakteri hilang. Tetapi setelah berkumur dengan obat kumur maka pembersihan mulut Anda akan semakin maksimal dan hasilnya lebih baik.

Benang gigi (flossing)

Flossing ini hampir sama manfaatnya dengan menyikat gigi, dimana dengan alat tertentu Anda akan lebih mudah mencapai bagian yang sulit terjangkau oleh sikat gigi. Sikat gigi biasanya hanya menyapu bagian permukaan saja, untuk bagian yang sulit terjangkau sikat gigi, maka cara menghilangkan plak pada gigi akan lebih mudah dengan flossing. Bagian di sela-sela gigi lebih beresiko untuk tertinggal sisa makanan ataupun minuman, jika sisa makanan tersebut mengandung zat gula akan menghasilkan asam yang dapat merusak gigi anda.

Periksa kesehatan gigi Anda secara rutin

Walaupun Anda sudah melakukan 3 cara diatas, Anda tetap harus memeriksakan kondisi gigi Anda dan mulut Anda. Pemeriksaan ini harus dilakukan secara rutin setidaknya 6 bulan sekali. Cara menghilangkan plak pada gigi dengan 3 cara sebelumnya dapat dimaksimalkan dengan pemeriksaan lebih lanjut dari dokter. Dengan memeriksakan ke dokter mengenai kesehatan gigi anda maka anda akan lebih tahu mengenai kondisi sebenarnya gigi dan mulut Anda. Jika terdapat plak yang membandel, maka dokter akan lebih tahu apa yang harus dilakukan agar plak pada gigi Anda tidak semakin menumpuk.

Jaga selalu kesehatan dan kebersihan mulut Anda agar tidak mudah terkena masalah sakit gigi seperti plak ataupun bau mulut. Jangan biarkan gigi anda penuh dengan plak yang tentu saja didalamnya terdapat banyak bakteri. Pastikan juga setiap makanan yang anda konsumsi terbebas dari bakteri yang mungkin tertinggal di mulut anda. Sekian yang dapat disampaikan mengenai cara menghilangkan plak pada gigi, semoga dapat bermanfaat untuk Anda semua.

Loading Facebook Comments ...