10 Tanda-tanda Kehamilan Pasti yang Wajib Diketahui Wanita

TetapFit.com – Tanda-tanda kehamilan pasti perlu diketahui oleh setiap pasangan yang ingin segera mendapatkan buah hati. Pasangan yang sudah menikah, tentunya memiliki perasaan harap-harap cemas untuk menunggu waktu kehamilan tiba. Namun, tak sedikit orang yang mengetahui bermacam-macam gejala awal kehamilan. Sehingga, banyak juga yang tiba-tiba mengetahui kalau dirinya mengalami keguguran karena ia tidak tahu kalau sedang mengandung. Nah, untuk menghindari hal itu, penting sekali bagi kita untuk mengetahui gejala awal kehamilan pasti yang menandakan kalau Anda sedang hamil.

tanda tanda kehamilan pasti

Lalu, bagaimana cara mengetahui kalau Anda sedang hamil? Cara awal yang paling tepat untuk mengetahui tanda-tanda kehamilan pasti ini adalah dengan melakukan cek darah. Nah, tes darah inilah yang nantinya dapat mendeteksi produksi hormon human chorionic gonadotropin yang dihasilkan dari sel telur hasil pembuahan setelah 4 hari masa pembuahan. Akan tetapi, Anda masih bisa mendeteksi kehamilan secara fisik melalui tanda-tanda kehamilan ini.

Ada beberapa tanda-tanda kehamilan pasti yang wajib Anda ketahui, sebagai berikut:

Payudara terasa nyeri dan membengkak

Sama halnya ketika Anda mengalami pra-menstruasi, yaitu payudara terasa bengkak dan nyeri. Sehingga menyebabkan rasa sesak ketika memakai bra. Beberapa wanita yang mengetahui hal ini, menceritakan bahwa mereka merasakan peningkatan sensitivitas, volume payudara yang terasa membesar sehingga menjadi lebih berat dalam beberapa hari. Selain itu, payudara akan terasa lebih lembut, dan munculnya penggelapan di daerah areola (kecoklatan disekitar puting) setelah 2 minggu masa pembuahan.

Kelelahan

Kelelahan ini bisa menjadi sebagai salah satu tanda-tanda kehamilan pasti pada wanita. Hal ini disebabkan karena peningkatan hormon di dalam tubuh. Bahkan, rasa lelah pada wanita hamil ini biasanya berlangsung hingga di akhir trimester pertama kehamilan.

Sesak napas

Selain mengalami kelelahan, biasanya diikuti dengan sesak napas. Apalagi, jika Anda berjalan melewati tangga. Hal ini disebabkan karena janin membutuhkan oksigen dalam masa pertumbuhannya, sehingga Ibu hamil akan merasakan tarikan nafasnya terasa lebih pendek.

Noda di celana dalam

Tanda-tanda kehamilan pasti berikutnya adalah dengan timbulnya noda di celana dalam. Biasanya, noda ini berupa flek bahkan ada sebagian yang mengeluarkan bercak-bercak darah pada celana dalam. Hal ini dikarenakan perkembangan implan telur pada dinding rahim Anda sehingga menyebabkan pendarahan.

Rasa mual dan muntah

Munculnya perasaan mual dan ingin muntah merupakan hal wajar bagi Ibu yang sedang hamil. Bahkan, tidak hanya disebut sebagai “morning sickness” saja tetapi juga mual dan muntah-muntah terjadi baik di siang maupun pada malam hari. Tergantung kondisi dari setiap wanita hamil yang berbeda-beda.

Sakit di sekitar perut bagian bawah

Ada beberapa wanita yang merasakan sakit dibagian perut bawah atau biasa disebut kram ketika awal kehamilannya. Perasaan seperti ini, biasanya dirasakan ketika masa pra-menstruasi pada wanita. Gejala kehamilan sendiri sebenarnya tak jauh berbeda dengan masa-masa sebelum menstruasi.

Sering buang air kecil

Salah satu tanda kehamilan berikutnya adalah frekuensi buang air kecil menjadi lebih sering dari biasanya. Hal ini dikarenakan, tubuh akan memproduksi cairan berlebih pada kandung kemih.

Suhu tubuh meningkat

Pada wanita yang sedang mengandung, Ia akan merasakan suhu tubuhnya yang semakin meningkat selama 2 minggu lebih.

Peregangan ligamen panggul

Peregangan ligamen panggul selama masa kehamilan ini biasanya dikarenakan oleh rahim yang lebih besar 1000 kali daripada ukuran sebelum masa kehamilan. Hal ini untuk membuka ruang bagi perkembangan janin didalam kandungan.

Ngidam

Gejala yang paling sering dialami wanita hamil adalah ngidam. Dorongan di dalam janin biasanya mendorong sang Ibu untuk ingin mengkonsumsi makanan yang asam, atau bahkan makanan yang sebelumnya tak disukai.

Itulah 10 tanda-tanda kehamilan pasti yang dialami oleh setiap wanita hamil. Jika Anda mengalami gejala-gejala di atas, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter kandungan untuk mendapatkan perawatan yang tepat bagi Anda dan janin di dalam kandungan!

Loading Facebook Comments ...